Professional Competency Development 2018


ROOM DIVISION MANAGEMENT

Proudly Present:

 

PROFESSIONAL COMPETENCY DEVELOPMENT 2018

“Bhineka Tunggal Ika”

imagebam.com

 

Dokumentasi PCD 2018

Professional Competency Development atau yang biasa dikenal PCD ini dilaksanakan di Mandalawangi Convention Hall STP NHI Bandung dengan mengusung tema Bhineka Tunggal Ika yang sangat kental akan budaya bangsa indonesia,tema PCD kali ini cukup menarik  dan unik karena waktu pelaksanaannya diapit oleh 2 hari besar nasional yaitu Hari Pahlawan dan Hari Sumpah Pemuda, PCD yang berlangsung selama 2 hari yang dilaksanakan pada tanggal 7 dan 8 November ini menyajikan 3 kompetisi. Acara yang dilaksanakan satu semester sekali ini bertujuan untuk mencetak generasi generasi penerus yang senantiasa kompeten di industry khusunya dibidang hospitality. Front Office Competition(FOC), Making Bed Competition(MBC) dan adapun satu kompetisi menarik yang dilaksanakan pada PCD kali ini yaitu Innovation Cottage Competition(ICC). Pembukaan yang diresmikan oleh Drs. Dede Kuswandi yang mengatakan bahwa dirinya cukup terkejut dan bangga atas kerja keras panitia khusunya Program Studi Manajemen Divisi Kamar yang telah menggelar PCD ini dengan dekorasi Bhineka Tunggal Ika yang kaya akan budaya indonesia, berbeda beda tapi tetap satu. Hal ini terlihat dari pakaian panitia yang mewarnai PCD ini dengan berbagai baju adat nusantara. Acara yang disajikan cukup menjanjikan dan membuat para tamu undangan, dosen & mahasiswa antusias dalam melewati setiap rangkaian acara.

 

Untuk kompetisi Innovation Cottage Competition (ICC) ini muncul karena Cottage STP NHI Bandung yang keberadaannya belum dikenal banyak kalangan sebagai suatu cottage yang diperuntukan untuk umum, adanya kompetisi ICC ini membuat para peserta ICC ini membuat konsep bagaimana innovasi yang dapat membuat cottage ini menjadi lebih baik dan dapat dikenal ole khalayak ramai atau re-branding.

Pada kompetisi ICC peserta dibuat menjadi 3orang dalam 1 team, dimana satu team wajib merumuskan innovasi apa yang mampu membuat cottage menjadi lebih dikenal dan menambah daya jual yang tinggi dengan membuat Paper, Design 3D dan Presentasi Power Point yang dapat di presentasikan kepada juri yang akan menguji. Untuk para juri kami kedatangan Bapak Edwan Ariawan sebagai GM Horison Karang Setra hotel dan E.R. Ummi Kalsum sebagai Puket 3 STP NHI Bandung menjadi juri untuk kompetisi ICC ini.

Peserta ICC dinilai dari beberapa aspek salah satunya adalah Grooming, Gesture, Public Speaking & Konsep. Terdapat 8 team yang diikuti oleh semester 1 hingga semester 3 di kompetisi ICC ini, peserta diberi waktu 10 menit untuk mempresentasikan hasil rumusannya kepada juri dan diberikan kesempatan waktu untuk menjawab pertanyaan dari masing-masing juri, adapun 2 team yang menjadi pemenangnya, yaitu juara 1 dan juara 2 yang menurut penilaian juri konsepnya sangat baik dan berpeluang untuk di realisasikan, "ECOTTAGE" dari Team MDK 2B (Audila Mutiara Sefrida, Mirza Alhuda dan Yulitha Amalia Suryadi) berhasil meraih juara 1. Sementara HOTLIST dari Team MDK 3A (Chair Habil Nugraha, Noviola Vandarani dan Victor Yuristianto) meraih juara ke 2.

 

Lain lagi halnya pada kompetisi MBC peserta dibuat menjadi 2orang/Team, dimana team akan makingup bed dalam waktu 10 menit untuk babak penyisihan dan 15 menit untuk babak final. Dalam satu team terdapat satu orang yang bertugas merancang towel (towel art) dan satu orang untuk making bed. Making Bed Competition dinilai dari beberapa aspek, yaitu Ketepatan, Kecepatan dan Kerapihan yang sesuai dengan Standard Operational Procedure. Adapaun check grooming yang dilaksanakan sebelum dimulainya perlombaan oleh dewan juri. Juri yang bertugas pada kompetisi MBC ini yaitu Bapak Harry Azim sebagai HK manager Grand Cordela Hotel Bandung serta bagian dari Executive HouseKeeper Association Indonesia dan pada penyisihan Ibu Eka Nuraisah R sebagai dosen dari Program Studi Manajemen Divisi Kamar menjadi jurinya, sementara itu pada final round yaitu Bapak Indra Saftara. Terdapat 12 team yang mengikuti MBC ini dan hanya 4 pemenang yang pantas memasuki babak selanjutnya.

 

imagebam.com

Dokumentasi PCD 2018

Dibabak selanjutnya setiap team wajib merancang set up bed sesuai dengan tema yang telah ditentukan, tema diambil dari suku bangsa nusantara, mulai dari Bali, Betawi, Jawa dan Sunda yang terinspirasi dari tema Bhineka Tunggal Ika ini. Team yang telah menyelesaikan set up bed, wajib memberikan filosofi rancangannya kepada juri dan kepada audience, Juara 1 diberikan kepada Team dari MDK 1B (Anugrah Raffi Indiarto dan Ananda Ayub Belolangi) diikuti oleh Team dari MDK 3B (Nadia Pratama dan Quena Syafira) di posisi ke 2.

Sedangkan pada kompetisi FOC dinilai secara individu bedasarkan aspek Grooming, Public Speaking dan Problem Solving. Pada babak penyisihan, dewan jurinya adalah Bapak Nurdian sebagai FOM Karang Setra Hotel and Cottage dan Bapak Dasril Indra sebagai Dosen MDK dan Bapak Lucky Karsuki sebagai Kepala Program Studi Manajemen Divisi Kamar. Peserta akan diberikan suatu kasus yang harus dipecahkan oleh setiap peserta dengan ketentuan yang berlaku, peserta diberikan waktu 4 menit di babak penyisihan. Dibabak selanjutnya terdapat 4 peserta yang kembali di uji dalam pengetahuan umum dalam ruang lingkup kepariwisataan dan diambil 2 peserta untuk melaju ke final round bedasarkan penilaian terbaik, yaitu Yohanes Rendhika(3B) dan Felicia Ivanka(2B). Final round sangat sengit karena menyajikan perdebatan antar finalist, dimana terdapat suatu pihak yang pro dan adapun yang kontra dalam suatu kasus, setelah diuji oleh para juri, Felicia Ivanka berhasil menjadi juara 1 diikuti oleh Yohanes Rendhika di juara ke 2.

imagebam.com

Dokumentasi PCD 2018

Acara ini pun disponsori oleh myhotelfinder.com sebagai salah satu online travel agent, Ibu Sri Salsalita sebagai General Manager MyHotelFinder dan Ibu Ayu Kartika sebagai Hotelfinder Captain memberikan pemaparan tentang apa itu Generasi 4.0, sementara itu Mr.Nico Effendi - Ketua DPD ITLA Jabar(Indonesia Tour Leader Association) memberikan penjelasan umum mengenai apa itu ITLA.

Dan pada rangkaian penutupan acara, Ketua STP NHI Bandung Bapak Faisal Kasim S.STPar,MM.Par,CHE. ikut serta dalam Soft Launching Website Manajemen Divisi Kamar dan menutup acara PCD 2018 ini. "Saya sangat salut dan bangga kepada Program Studi Manajemen Divisi Kamar karena selalu menjaga prestasi yang dimiliki dan juga selalu menjaga standard kualitas pada setiap periode & selalu membuat acara yang berkualitas." ujarnya.

imagebam.com

Dokumentasi PCD 2018

Terimakasih untuk semua pihak yang sudah terlibat dalam acara Proffesional Competency Development 2018, semoga dengan adanya acara ini dapat memberikan motivasi bagi para mahasiswa untuk terus berkarya dan berinovasi. Sampai jumpa tahun depan!